Friday 23 September 2016

Penyakit Asam Urat/ Atritis Gout



Pernah mendengar istilah penyakit asam urat? Asam urat TIDAK SAMA dengan rematik. Keduanya merupakan nama penyakit yang berbeda. 

Apa itu Penyakit Asam Urat?
Dalam bahasa medis penyakit asam urat disebut dengan Atritis Gout yang merupakan penyakit dimana muncul kumpulan gejala akibat adanya penumpukan Kristal Monosodium URAT. Kondisi ini didasari adanya kondisi hiperurisemia yaitu peningkatan kadar asam urat dalam serum/darah lebih dari 7 mg/dl pada laki-laki dan lebih dari 6 mg/dl pada perempuan. Hiperurisemia adalah gangguan metabolisme yang mendasari terjadinya penyakit Gout/ Asam Urat. 1

Apa Bahaya Penyakit Asam Urat?
Tingginya kadar asam urat pada serum darah dapat menyebabkan gangguan pada berbagai organ lain seperti pada ginjal yang bisa membentuk batu ginjal, dan bisa juga terjadi penumpukan pada organ lain yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ yang bersangkutan.
Tanda Anda memiliki Penyakit Asam Urat
Berdasarkan gejalanya ada 4 stadium  dar gout atritis/ penyakit asam urat dengan berbagai gejala yang muncul pada setiap stadium di dalamnya:
1.       Stadium atritis gout akut
Serangan pertama yang timbul mendadak, bengkak pada sendi, merah, suhu sekitar sendi yang terkena naik, akan sulit untuk berjalan.  Bisa juga disertai dengan demam, menggigil, dan lemas.
Penyebab serangan akut tiba-tiba ini bisa karena trauma lokal, makan makanan yang mengandung tinggi asam urat, kelelahan fisik, stress, tindakan operasi dan adanya penurunan atau peningkatan asam urat.
2.       Stadium Interkritikal
Pada stadium ini orang tersebut tidak mengalami gejala apapun tetapi saat dilakukan pemeriksaan pengambilan cairan pada sendi akan ditemukan  kristal asam urat. Periode ini dapat berlangsung dalam jangka waktu yang panjang bisa mencapai beberapa bulan hingga beberapa tahun.
3.       Stadium atritis gout kronis
Stadium ini akan muncul serangan sakit berulang atau beberapa kali, serangan terjadi semakin sering, waktu serangan semakin lama,  dan jumlah sendi yang terkena juga semakin banyak.
4.       Stadium atritis gout kronis bertofus
Pada stadium ini bukan lagi hanya ditemukan kadar asam urat dalam serum darah yang tinggi namun disertai ditemukan adanya deposit/ penumpukan kristal natrium urat terutama pada sendi yang sakit dan biasanya pada stadium ini orang mengalaminya juga dapat ditemukan adanya batu saluran kemih sampai penyakit ginjal menahun.
Apa penyebab munculnya penyakit asam urat?
Penyakit asam urat ini bisa muncul karena adanya faktor risiko seperti genetik dan linkungan seperti obesitas, konsumsi alkohol, riwayat penyakit ginjal kronik,  hpertensi, gangguan hematologi/ darah, keganasan serta riwayat transplantasi organ.
Bagaimana Penanganan Penyakit Asam Urat?
Untuk penanganannya ada 2 macam yaitu yang dengan obat dan tanpa obat. Kita bahas satu persatu
1.    Tanpa Obat/ Terapi Non-Medikamentosa
Hal yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit asam urat ini adalah:
-      Penurunan berat badan  hingga bisa mencapai berat badan yang ideal
-      Pengaturan makanan rendah purin, jadi perlu dihindari daging merah, bayam, dan alkohol. Namun, menurut penelitian, mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi, artinya risiko terkena gout atau serangan ulangannya tidak meningkat.
-      Mengistirahatkan sendi yang terkena,  olahraga ringan bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh

2.    Terapi denan Obat/ Medikamentosa
-      Obat untuk menghilangkan rasa nyeri, yg biasanya digunakan ada beberapa pilihan seperi kolkisin, indometasin dan prednison.
-      Obat untuk menjaga kadar asam urat darah dalam batas normal, biasanya yg digunakan Allopurinol.
Tips Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Asam Urat
1.    Cek mandiri kadar asam urat dalam darah, mungkin saja kita ada pada stadium tanpa gejala / stadium interkritikal
2.    Makan makanan gizi seimbang dan cukup artinya tidak berlebihan
3.    Bila diketahui ada peningkatan kadar asam urat dalam serum darah upayakan untuk memantau konsumsi makanan yang mengandung purin lebih hati-hati seperti daging merah, bayam/sayuran hijau, jeroan, kacang-kacangan,  dan alkohol
4.    Terapkan gaya hidup sehat. Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menjaga produksi asam urat agar tetap stabil.
5.    Minum air putih yang banyak/ cukup untuk menghindari penggumpalan kristal asam urat

Referensi
Rosani S, Isbagio H. Atritis gout. In: Kapita selekta kedokteran. Edisi IV. Jilid II. 2016. Jakarta: Media Aesculapius.
http://www.alodokter.com/

No comments:

Post a Comment

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...