Saturday 4 June 2016

WAJIB TAU !!! Ternyata inilah hal yang membuat sel kanker jadi “HIDUP”








By: ApreleaNoni
Sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa setiap orang memiliki sel kanker namun tidak semuanya bisa muncul atau nampak sebagai kanker karena masih ada sistem yang menekan kanker untuk tumbuh dan hidup. 

KARSINOGENESIS. Apa itu Karsinogenesis? Adalah serangkaian proses yang membuat suatu sel dapat berubah dan berkembang menjadi sel KANKER. Perubahan pada fungsi normal sel tubuh ini dapat membuat adanya PERTUMBUHAN ABNORMAL DAN TIDAK TERKONTROL. Sebagian besar kanker pada manusai terjadi sebagai hasil dari paparan faktor Lingkungan.
Dan ternyata hal inilah yang bisa membuat kanker yang “tidur” bisa menjadi “hidup” dan menimbulkan gejala penyakit KANKER. Penyebab utama yang membangunkan sel kanker ini adalah Human Carcinogen. Karsinogen sendiri dibagi menjadi 3 kategori utama yaitu fisik, biologi dan Kimia.
Karsinogen Fisik
Paparan Radiasi UV ligt dari matahari yang bisa menimbulkan KANKER kulit. Radiasi ION dari X ray, Iritasi Kronik akibat MEROKOK.
Radiase ion akan menyebabkan kromosom mutasi dan dapat menyebabkan KANKER. 

Karsinogen Biologis
Infeksi Virus seperti virus EBV yang bisa menyebabkan Burkitt’s/hodgkin’s lymphoma, HBV menyebabkan Hepatoma, HPV menyebabkan KANKER serviks. Beberapa DNA virus memang bersifat onkogenik artinya dapat memicu terjadinya kanker salah satucaranya dengan memunculkan adanya mutasi.
Infeksi parasit seperti parasit Schistosoma haematobium yang menyebabkan KANKER kandung kemih.
Infeksi bakteri seperti infeksi bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan KANKER lambung.

Karsinogen Kimia



Untuk zat karsinogen kimia ini dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu Organik, Inorganik dan Hormon. Ketiga karsinogen kimia ini dihubungkan dengan paparan kimia pada makanan, Rokok, Obat dan produk industri yang memiliki komponen kimia.
Karsinogen kimia dapat merusak DNA dan menyebabkan munculnya mutasi yang menyebabkan KANKER. Paparan sel terhadap mutagen/ inisiator akan meningkatkan proses tumorigenesis/ pembentukan tumor yang menstimulasi proliferasi sel yang bermutasi.
Dalam proses terjadinya kanker itu  ada beberapa proses dan tahapan yang terjadi yang disebut dengan proses multistage terdiri dari Inisiasi, Promosi dan Progresi. Inisiasi terjadi sangat cepat dan ireversibel yang terjadi akibat adanya paparan agen karsinogenik. 

Kanker juga bisa di "hidupkan" oleh makanan yang dimasak dalam suhu yang sangat tinggi !!!

Pada inisiasi ini terjadi perubahan gen akibat paparan karsinogen. Nah setelah inisiasi ini belum pasti si sel akan menjadi KANKER.
Selanjutnya akan ada proses Promosi dimna tadi sel yang sudah mengalami inisiasi mengalami proses yang lebih panjang, waktu lama dan terjadi akibat paparan yang berulang atau berkelanjutan. Nah bisa sudah terjadi Promosi pada sel yang sudah terinisiasi diawal inilah yang dapat membuat sel tersebut bisa berubah menjadi kanker tetapi perlu dilihat juga diproses promosi ini terjadi dalam waktu yang lama dan butuh paparan yang berulang juga. Hasil promosi bisa menjadi KANKER JINAK (PAPILOMA) atau langsung bisa menjadi ganas juga sih.
Setelah promosi ada proses lanjutannya yaitu Progressi, dalam proses ini nanti akan terjadi perubahan keganasan dari sel yang sudah muncul pada fase promosi tadi. Jadi tadinya jinak kalau tidak segera di tangani dan dibiarkan saja nantinya bisa lanjut ke proses progesi dan bisa menjadi KANKER GANAS/ CARSINOMA.

Nah dari fase itu bisa dilihat ternyata mungkin saja kita sudah pernah berada di fase Inisiasi tetapi kita tidak menyadarinya, dengan tau agen karsinogen yang bisa menyebabkankanker yang mungkin juga menjadi faktor risiko kita, kita bisa mulai nih menghentikan prosesnyya agar tidak berlanjut menjadi fase promosi.
Caranya bagaimana? Ya dengan menghidari agen karsinogen tadi tentunya.   

Referensi
Robin. Hlm: 201.                   
Kuliah pendahuluan kanker: Sukartini N. Basic oncology. Departement of Clinical Pathology FMUI

3 comments:

  1. bermanfaat sekali...coba diberikan tips pencegahan yg lebih lengkap...terima kasih yaa

    ReplyDelete
  2. bermanfaat sekali...coba diberikan tips pencegahan yg lebih lengkap...terima kasih yaa

    ReplyDelete
  3. Terimakasih, insyaAllah lain waktu coba share tentang itu

    ReplyDelete

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...