Thursday 7 April 2016

Bagaimana Proses Metabolisme di Mata?





Seperti pada bagian tubuh lainnya, Mata juga membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas untuk menjalankan fungsinya dengan baik.  Di jaringan Mata juga terjadi proses metabolisme yang meliputi Glikolisis baik aerobik ataupun anaerobik, HMP shunt, Jalur Polior dan Siklus TCA.
Glikolisis
Glikolisis ini merupakan jalur metabolisme yang umum digunakan di jaringan tubuh untuk menghasilkan energi, termasuk juga di Mata. Mengingat kembali bahwa proses glikolisis ini terjadi di sitosol semua sel. Uniknya proses glikolisis  adalah bisa terjadi dengan atau tanpa oksigen jadi memiliki kemampuan untuk bekerja secara aerob atau anaerob.
Pada kondisi ada oksigen atau AEROB maka glukosa akan diubah menjadi Piruvat di sitosol kemudian piruvat masuk ke mitokondria dan akan di oksidasi menjadi Asetil KoA. Selanjutnya atom C nya akan di oksidasi menjadi CO2 melalui siklus TCA. Dalam proses glikolisis aerob ini akan menghasilkan ATP lebh banyak dibandingkkan dengan jalur anaerob.
Sementara pada proses glikolisis yang ANAEROB ini akan mengubah glukosa menjadi piruvat dan selanjutnya piruvat diubat menjadi laktat. Sehingga ATP yang dihasilkan akanlebih sedikit dibandingkan dengan yang Aerob.
HMP Shunt (Pentose phosphate pathway)
Jalur HMP Shunt ini merupakan jalur metabolisme alternatif untuk oksidasi glukosa. Fungsinya bukan untuk menghasilkan enerti melainkan untuk memproduksi NADPH. Untuk apa NADPH dihasilkan? Jadi NADPH ini ternyata merupakan REDUKTOR intraselular yang penting khususnya di Mata.
Jalur Poliol
Apa itu jalur poliol? Jalur ini merupakan jalur metabolisme juga yang dapat terjadi di banyak jaringan termasuk dimata namun ternyata fungsinya sendiri belum sepernuhnya diketahui. Aktivasi jalur poliol adalah hal yang dapat menyebabkan masalah pada penderita DM, diabetika katarakm neuropaty, nefropaty dan angiopathy.
Glukosa à Sorbitolà Fruktose.
Siklus TCA
Merupakan jalur metabolisme umum untuk metabolisme karbohidrat, protein dan lipid. Dalam proses ini atom C mengalami oksidasi menjadi CO2. Selain itu ada juga transfer elektron yang akan menghasilkan H2O dan ATP.
Referensi
Jusman SWA. Biochemistry of eye tissue. Dept of biochemistry & molekular biology fmui.

No comments:

Post a Comment

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...