Thursday 10 March 2016

Manfaat ASI bagi kekebalan tubuh bayi





By: Apreleanoni

Ada sebuah slogan yang mengatakan bahwa “ susu sapi adalah makanan alami yang hampir sempurna” ternyata kita perlu tau lebih jauh bahwa ternyata “Human milk adalah makanan alami yang sempurna untuk bayi”.  Ini sangat jelas bahwa ASI mengandung berbagai macam nutrisi. Selama proses menyusui, payudara menjadi tempat untuk pembentukan limfosit yang memproduksi antibody IgA yang akan melindungi permukaan mukosa dari invasi bakteri.

Sekresi paling awal dari payudara ibu adalah Kolostrum, yaitu air susu berwarna kekuningan dan sisnini terdapat sangat banyak antibody. Kolostrum akan membentuk lapisan perlindungan pada saluran cerna bayi yang menyusui. Perlindungan oleh kolostrum pada saluran cerna bayi akan melindungi dari infeksi pathogen enteric seperti  E. coli, Salmonella, poliovirus,rotavirus. Perlindungan ini sangat perlu karena bayi belum memiliki kemampuan melindungi diri dengan baik karena belum berkembang.

Saat di dalam kandungan, si bayi akan mendapatkan donasi antibody hanya jika ibunya memiliki imunitas aktif terhadap mikroba melalui infeksi sebelumnya atau pernah vaksin.
Melihat kondisi sekarang ini sudah banyak formula buatan dan membuat perubahan gaya hidup sehingga  hanya sekitar 38% ibu memberikan ASI selama 6 bulan atau lebih.  Dan sekarang ASI digantikan dengan susu formula padahal tetap “human milk is nature’s perfect food for young humans.”

ASI menyediakan energy dan nutrisi yang lengkap untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal. Namun perlu diperhatikanjuga tambahan energy untuk ibu yang menyusui karena status nutrisi ibu menyusui penting untuk mempertahankan produksi asi.

Apa cukup ASI saja selama 6 bulan?
Sudah cukup karena memang ASI sudah memenuhi kebutuhan nutrisi bayi pada usia 6 bulan. Berikut kebutuhan bayi saat usia 6 bulan pertama.
2


Referensi
Foundation in Microbiologi ed. 9.
Bardosono S. Nutrition during prenatal, antenatal & lactation. 2015.

No comments:

Post a Comment

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...