Thursday 10 March 2016

Kaki Gajah “FILARIASIS”





by: ApreleaNoni




Pernah dengar penyakit kaki Gajah? Apa yang ada pikirkan pertama saat mendengar penyakit ini?
Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis merupakan penyakit infeksi  yang disebabkan oleh serangan nematode bernama si cacing kecil filaria.  Penyakit ini menyerang sistem limfatik padahal fungsi sistem limfatik adl. untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan melindungi tubuh dari bakteri penyebab infeksi.
Filaria hidup di tubuh nyamuk dan menularkannya ke manusia. Cacing filarial ini akan melepaskan larvanya yaitu microfilaria. 

Ada 3 jenis filarial yang dapat menginfeksi manusia yaitu W bancrofti, Brugia malayi, Brugia timori. Filariasis limfatik ini tersebar di Negara tropis dan subtropics termasuk di Indonesia.
Tujuan treatment adalah untuk mencegah penyakit jadi lebih parah dan mengganggu transmisi prasitnya. Treatment bisa digunakan obat DEC (Diethycarbamazine citrate) yang efektif untuk membunuh microfilaria dan cacing dewasa. Kalau di area endemic loa-loa bisa digunakan ivermectin.  Bisa juga diberi anti wolbachia: macrolides (doxycycline, tetracycline), rifampicine. 

-          Jaga kebersihan diri: bersihkan tubuh dengan sabun 2 kali sehari, jaga kuku tetap bersih, gunakan kaos kaki.
-          Perawatan pada luka
-          Latihan meluruskan bagian tubuh yang bengkak

No comments:

Post a Comment

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...