Friday 18 August 2017

Pompa otot terhadap aliran vena



Ilustrasi gambar diatas menunjukan suatu mekanisme MUSCULOVENOUS PUMP. Yaitu bagaimana proses pompa yang melibatkan muskuloskeletal ekstremitas bawah atau bagian tungkai kaki.
Kita ingat bahwa vena akan mengalirkan darah kembali kejantung dan vena memiliki struktur berupa katup. Fungsi dari katup vena ini adalah untuk mencegah darah kembali turun karena pengaruh dari efek grafitasi yang ada. 

Nah jadi disini kontraksi otot pada ektremitas ternyata akan membantu aliran darah kembali ke jantung. Saat otot berkontraksi maka terjadi pemendekan otot dan peningkatan tekanan pada vena sehingga tekanan ini akan membantu mendorong aliran darah ke arah atas yaitu menuju jantung dan membuat katup vena yang lebih atas terbuka. Vena di atasnyaterbuka dan aliras darah masuk sementara pada  katup vena di letak yang lebih bawah akan menutup dan mencegah adanya aliran balik atau retrograde pada pembuluh vena.

referensi:

       Moore K, Dalley AF, Agur AM. Moore clinically oriented anatomy. 7th ed. Philadelphia: Wolters Kluwer Health; 2014.
 

No comments:

Post a Comment

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...