Thursday 30 March 2017

[Ketahui Perbedaan proses melahirkan pada Kehamilan pertama (Primigravida) dan kehamilan lebih dari 1 (Multigravida)]

Mungkin kalian pernah mendengar bahwa proses persalinan pada ibu dengan kehamilan pertama lebih lama dibandingkan dengan ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya.
Mengapa bisa terjadi demikian? Apasih yang membedakan primigravida dengan multigravida pada proses persalinan normal?

Jadi ternyata memang ada perbedaan diantara keduanya yaitu pada proses persalinan. Intinya dalam proses persalinan terdapat beberapa fase yang perlu dilewati yaitu cervical softening – cervical ripening/ effacement – DilatasiEkspulsi.

Pada Primigravida, rangkaian proses tersebut berlangsung secara bertahap dan cenderung lebih lambat. Pada pembukaan serviks di targetkan pembukaan bertambah 1 cm setiap jam.
Sementara pada Mutigravida, proses effacement dan dilatasi dapat berlangsung secara simultan karena secara struktur pada serviks wanita multigravida menunjukan ostiun internum dan eksternum cenderung sudah terbuka sehingga rangkaian proses persalinan tersebut dapat berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan primigravida. Untuk target pembukaan serviks pada multigravida adalah 1, hingga 2 cm setiap jam. Hal ini dapat menjadi faktor yang menyebabkan proses persalinan pada multigravida cenderung lebih cepat dibandingkan pada primigravida.

Noni Apreleani
Sumber: Cunningham FG, Levono KJ, Bloom SL, Hauth JC, Rouse DJ. William Obstetric, 23rd Edition.

No comments:

Post a Comment

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...