Monday 9 May 2016

Pemeriksaan Obstentri Luar



By: ApreleaNoni

Pada ibu hamil alangkah baiknya bila menyempatkan diri untuk bisa melakukan kunjungan atau Antenatal Care/ ANC.  Pada pemeriksaan kandungan salah satunya adalah pemeriksaan obstentri luar yaitu melakukan pemeriksaan kehamilan dari luar untuk menilai usia kehamilan, posisi, letak, presentasi dari bayi. Selain itu juga untuk  mendeteksi adanya tanda bahaya pada ibu hamil seperti adanya perdarahan, keputihan dan gerakan bayi yang tidak terasa pada usia kehamilan lebih lanjut.

Nah kali ini akan di share mengenai bagaimana pemeriksaan Obstentri Luar dilakukan.
Dalam pemeriksaan ini ibu disarankan untuk menekuk kakinya agar rileks. Dan ada beberapa tahap yaitu Leopold 1, 2, 3, dan 4. 


Leopold 1 : dilakukan untuk menentukan tinggi fundus. Diukur dengan penggaris untuk menentukan tinggi fundus sekaligus usia kehamilan. 


Leopold 2: untuk menentukan letak bayi apakas memanjang atau melintang dan menentukan letak punggung serta ektremitas  bayi. Nantinya bagian punggung akan digunakan dalam pemeriksaan DJJ bayi.


Leopold 3: menentukan bagian terbawah bayi bokong atau kepala (pemeriksa menghadap kaki ibu).


Leopold 4: untuk menntukan apakah kepala bayi sudah masuk PAP atau belum.  Melihat sudutyang dibentuk oleh jari-jari apakah konvergen atau divergen.



Setelah itu dilakukan auskultasi jantung bayi DJJ dengan stetoskop monoaural di bagian punggung bayi tadi. 5 detik selama 3 kali x 4.

No comments:

Post a Comment

Daftar Nomor Rekening PENIPU

 Beberapa kali hampir tertipu dg berbagai modus Online berikut nomor rekeningnya jadi Hati-hati ya BANK BNI A/N : ROBIATUL ADAWIYAH, NO. REK...